The Apurva Kempinski Bali Bekerjasama Dengan Mitra Lokal Hadirkan ‘Sustainable Wedding’

5 months ago
Share:
The Apurva Kempinski Bali Bekerjasama Dengan Mitra Lokal Hadirkan ‘Sustainable Wedding’

Sustainable living atau hidup yang berkelanjutan, merupakan hal yang terus digaungkan akhir-akhir ini dan dibahas di berbagai bidang, salah satunya pernikahan. Apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi jejak karbon dari sebuah pesta pernikahan?


Berkaitan dengan hal ini, The Apurva Kempinski Bali berinisiatif mengajak beberapa vendor untuk menginspirasi masyarakat, untuk menggelar pesta pernikahan yang ramah lingkungan, dengan mempromosikan ‘Sustainable Wedding Package’. Mereka yang terlibat dalam program ini adalah Designmill Co., SukkhaCitta, Puri Ata, Taga Woodcraft, Plaga Farm, Tanamera Coffee dan Balian Water.




Designmill Co. akan memperlihatkan keahliannya dengan dekorasi, menggunakan kertas daur ulang, kursi kayu dan tanaman pot untuk menghias venue, dengan kain gantung alami dan motif yang disesuaikan, berkolaborasi dengan label fesyen Kaeen yang dikenal karena berbagi kreativitas melalui kain mereka. 


Sementara itu, SukkhaCitta, perusahaan sosial pemenang penghargaan yang mengubah kehidupan di pedesaan Indonesia, dan mendapatkan sertifikasi B-corp, akan menciptakan gaun pengantin khusus. 



Untuk wedding gift, Puri Ata dan Taga Woodcraft menyediakan kerajinan tangan lokal mereka, sementara untuk makanan dan minuman, Plaga Farm telah menjadi mitra resor yang menunjukkan akuntabilitasnya terhadap masyarakat dan lingkungan. Selain itu, Tanamera Coffee dan Balian Water juga diajak berpartisipasi, sebagai merek yang berkomitmen untuk menghormati ekosistem dan komunitas tempat mereka bekerja. 



Resor yang dibuka pada 1 Februari 2019 ini, sejak awal telah menjalankan serangkaian program yang bersifat ramah lingkungan. Misalnya, mengganti plastik sekali pakai, seperti sedotan, dengan produk yang dapat terurai secara hayati, serta menggunakan ruang atap untuk menanam berbagai jenis tanaman hijau untuk dapur yang lebih berkelanjutan, dimana tanaman ditanam dalam sistem hidroponik dan budidaya tanah. Artefak Linen Hijau diperkenalkan kepada para tamu sebagai cara untuk meningkatkan pengalaman lokal mereka, dan mencerminkan keahlian Kempinski yang sebenarnya. Bekerja sama dengan Diversey, program ‘Linens for Life’ memberikan masker wajah gratis yang terbuat dari linen hotel bekas yang bersih dan higienis kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. 



Selain itu, dilaksanakan juga program Soap for Hope yang memberikan akses terhadap sabun kepada masyarakat berisiko, serta informasi tentang bagaimana dan kapan menggunakannya. Sabun dari resor dipotong dan didesinfeksi dan dijadikan sabun baru.


“Dengan memperkenalkan inisiatif baru, kami sangat yakin dapat menginspirasi orang untuk memasukkan program keberlanjutan ke dalam semua aspek kehidupan sehari-hari mereka,” ungkap General Manager Vincent Guironnet. “Ini bahkan menjadi lebih besar ketika mitra berkumpul, menghasilkan cara berpikir baru, dan membuat perbedaan.”