Kenali Ragam Jenis Veil Tuk Tampilan Sempurna di Hari Istimewa

14 days ago
Share:
Kenali Ragam Jenis Veil Tuk Tampilan Sempurna di Hari Istimewa

Kurang sempurna rasanya penampilan pengantin wanita tanpa sehelai veil tersemat di atas kepala. Ada cerita menarik dari kerudung pengantin ini. Konon kabarnya, veil telah dikenakan sejak zaman Yunani, dimana fungsinya untuk menjaga pengantin wanita dari roh jahat. Selain itu, veil yang menutupi wajah pengantin wanita hanya dapat dibuka usai pemberkatan sebagai simbolis penyerahan tanggung jawab dari ayah pengantin wanita kepada pengantin pria yang telah resmi menjadi suaminya.


Karena maknanya yang sakral, hingga saat ini calon pengantin masih banyak yang memilih untuk tetap mengenakan veil. Tentunya disesuaikan dengan gaun pengantin agar tetap terlihat stylish. Tapi sebelum memilih jenisnya, mari kita pahami dulu, apa sajakah jenis-jenis veil itu? 


Birdcage 

Sesuai namanya birdcage atau sangkar burung, veil ini berbentuk tertutup layaknya sangkar burung. Menutupi wajah, ada yang menutup hingga sebatas mata, hidung, atau seluruh wajah. Jenis veil vintage yang terinspirasi dari tahun 1950 atau 1960 ini cocok dipadukan dengan gaun panjang yang slim seperti sheath atau mermaid. Tambahkan beberapa helai bulu atau bros vintage akan membuat tampilanmu terlihat lebih menarik. Satu hal yang mungkin jadi pertimbangan adalah ketika veil menutupi wajah, mungkin kamu akan merasa sulit untuk berkedip, terutama jika memakai bulu mata palsu.



Flyaway 

Veil lembut yang biasanya menggunakan material tipis berlapis, dengan panjang sebatas bahu atau untuk jenis yang pendek biasanya jatuh di belakang kepala. Materialnya yang ringan sempurna untuk pernikahan yang santai, dan sesuai dikenakan oleh pengantin yang berkepribadian sederhana. Gaun pendek atau panjang yang tertutup tanpa ekor, tepat dipadukan dengan veil ini. Buat kamu yang memiliki rambut pendek, sematkan veil di atas kepala, kamu akan terlihat cantik dan keren dihari istimewa.


Elbow 

Berukuran panjang yang sedang, dengan lipatan kerudung sedikit melewati bahu, berada di sepanjang lengan atas dan bagian panjangnya berada di atas siku. Veil kasual ini sempat menjadi favorit di tahun 1950an. Ukurannya yang pendek membuat veil ini lebih fleksibel dan memudahkan pengantin bergerak, tanpa mengurangi keanggunan. Padankan veil ini dengan gaun kasual tanpa ekor panjang. Beberapa model gaun seperti A line atau mermaid pun cantik berpadan dengan veil ini. 



Fingertip

Sesuai namanya, fingertip veil menjadikan ujung jari sebagai batas terpanjang. Dengan bentuk mengelilingi kepala dan menutupi bahu, veil ini populer di tahun 1940-an dan 1950-an, juga dikenakan oleh Kate Middleton saat menikah dengan Pangeran William. Memiliki bentuk asimetris yang memanjang di bagian belakang, meskipun cocok untuk berbagai model gaun, namun siluet A line dinilai paling sesuai dipadankan dengan veil ini. Sedikit catatan, untuk kamu yang bertubuh mungil, sebaiknya tidak memilih veil jenis ini karena akan membuatmu terlihat ‘tenggelam’. 


Waltz

Waltz veil yang juga dikenal sebagai ballet length veil atau kerudung balet, biasanya memiliki panjang akhir antara betis dan pergelangan kaki. Biasanya dipakai dengan lapisan ganda sekaligus menutupi bagian depan. Kerudung yang cukup panjang dan mampu memberi sentuhan dramatis ini dapat dipadankan dengan gaun yang memperlihatkan lekuk tubuh seperti mermaid, tanpa penambahan ekor. 



Chapel dan Sweep Veil

Meskipun mirip, ada sedikit perbedaan antara dua veil ini. Sweep veil panjang menyapu lantai, sementara chapel veil sedikit lebih tinggi di atas lantai. Kedua veil ini akan terlihat sempurna saat dipadankan dengan gaun panjang yang memiliki ekor. 


Cathedral

Cathedral veil adalah jenis veil terpanjang, formal dan paling dramatis. Biasa dikenakan pada pernikahan di gereja-gereja besar dan katedral, veil jenis ini memberikan ketegasan akan kehadiran sang pengantin. Bisa memiliki panjang hingga lima meter, gaun yang tepat dipasangkan dengan veil ini adalah gaun panjang berbentuk mermaid, terompet, atau ball gown.



Mantilla

Veil mantilla adalah veil tradisional Spanyol yang memberikan pesona unik karena disematkan di pangkal kepala. Memiliki ciri khas bertekstur pada bagian tepi, veil ini menghadirkan sentuhan feminin pada pemakainya. 




Photo: pinterest.com

Share: