JF3 2022 Hadirkan Ragam Budaya dan Sustainability

24 days ago
Share:
JF3 2022 Hadirkan Ragam Budaya dan Sustainability

Setelah melewati dua tahun pandemi, JF3 Fashion Festival kembali digelar secara offline


Festival mode terbesar di Indonesia, bekerjasama dengan Pemerintah DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, kembali hadir pada tanggal 1 – 11 September 2022 di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta. Dalam penyelenggaraan tahun ini, JF3 mengusung tagar #CulturalDiversity, sebagai dukungan terhadap keragaman budaya di Indonesia. 


“Dengan semakin terkendalinya pandemi, maka dengan sangat bersyukur kami dapat kembali menghadirkan rangkaian acara JF3 secara offline. Tahun ini kami mengangkat dua tema penting yaitu sustainability, sebagai ajakan untuk memulai gerakan fashion yang bertanggung jawab secara sosial dan terhadap lingkungan untuk mendukung kelangsungan hidup. Selain itu tema penting lainnya yang kami hadirkan tahun ini adalah budaya, hal ini diwujudkan dengan menghadirkan desainer, brand, dan UMKM berbasis mode yang memiliki visi untuk mengangkat budaya dalam karya mereka, baik di atas runway JF3 maupun dalam pameran fashion village”, ujar Chairman JF3, Soegianto Nagaria.



FASHION FESTIVAL


Bertempat di JF3 Fashion Tent, La Piazza Summarecon Kelapa Gading, Jakarta, Fashion Festival menghadirkan rangkaian fashion show yang menampilkan ragam karya desainer dan brand terkemuka di Indonesia pada tanggal 1-6 September 2022. 


Rangkaian fashion show dibuka dengan pemberian apresiasi kepada tiga tokoh yang dinilai telah memberikan kontribusi penting terhadap industri mode Tanah Air. Penerima penghargaan kategori desainer fashion jatuh kepada Sebastian Gunawan, untuk kategori fashion support diberikan pada JIM Model, sebagai pelopor agensi model Tanah Air dan kategori fashion icon diberikan kepada aktris Julie Estelle.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pagelaran bertajuk “TAMRA NUSANTARA”, sebuah presentasi ragam aksesori dan perhiasan yang terinspirasi budaya nusantara, hasil kolaborasi istimewa, dari The Palace Jeweler dan Samuel Wattimena.


Dalam 6 hari penyelenggaraan fashion festival akan hadir fashion show dari beberapa brand dan desainer terkemuka antara lain Tities Sapoetra, Wilsen Willim, Didi Budiardjo, Danny Satriadi, Ivan Gunawan, Mel Ahyar, kolaborasi 60 brand lokal dari LAKON Store, Danjyo Hiyoji serta beberapa institusi fashion Indonesia seperti Dekranasda Nusa Tenggara Timur, APPMI, IPMI dan Cita Tenun Indonesia. 


Rangkaian Fashion Show akan ditutup dengan kolaborasi antara LAKON Indonesia dengan seniman; ‘maestro’ batik Indonesia; CAHYO dari Pekalongan, Jawa Tengah, bertajuk ‘LORONG WAKTU’, pada 6 September 2022. 


JF3 MODEL SEARCH & PINTU INCUBATOR

Regenerasi dan pencarian bakat baru pelaku mode kembali dilakukan melalui kegiatan JF3 Model Search. Audisi kali ini dilakukan di tiga kota, yaitu Medan, Surabaya dan Jakarta, diikuti dengan antusias, sehingga mendapatkan talenta baru yang potensial untuk ikut membangun industri mode tanah air di masa depan.


JF3 pada tahun ini juga menghadirkan program baru yaitu PINTU Incubator, sebuah hasil kolaborasi bersama LAKON Indonesia dan Kedutaan Besar Perancis yang terjalin melalui Institut Francais d’Indonesie (IFI), untuk mendorong perkembangan brand lokal Indonesia dalam program inkubasi yang terdiri dari serangkaian kegiatan mentorship yang terintegrasi dengan panggung JF3. Setelah melalui program mentoring dan kurasi, presentasi koleksi dari 7 brand hasil kurasi PINTU Incubator akan dilakukan pada 3 September 2022 di runway JF3 Fashion Festival.



FASHION VILLAGE


Eksibisi UMKM, brand lokal dan pelaku mode akan berlangsung dalam Fashion Village, bertempat di Summarecon Mall Kelapa Gading 3, menghadirkan ragam produk bernafaskan budaya yang telah terkurasi, serta wastra nusantara seperti kain batik dan tenun. Berlangsung pada tanggal 1-11 September 2022, Fashion Village diikuti oleh 51 tenant, dilengkapi dengan berbagai instalasi yang memberikan informasi pentingnya fesyen berkelanjutan. Selain itu, gerakan sustainability ini juga secara aktif akan diikuti dan diterapkan oleh seluruh peserta eksibisi. 


Seluruh rangkaian acara JF3 tetap mengutamakan protokol kesehatan, salah satunya wajib menggunakan masker dan tetap menggunakan aplikasi Peduli Lindungi sebagai syarat utama untuk masuk ke area Summarecon Mall Kelapa Gading. 


Informasi lengkap dan terbaru mengenai JF3 bisa didapatkan melalui akun media sosial instagram @JFFF_info



Foto: dok. JF3


Share: