Biaya Pernikahan Meningkat? Ini Penyebabnya!

24 days ago
Share:
Biaya Pernikahan Meningkat? Ini Penyebabnya!

Sebenarnya, biaya pernikahan tidak harus mahal lho, apalagi sampai harus menghabiskan ratusan juta rupiah. Karena esensi pernikahan terletak pada bagaimana ikatan sakral itu diresmikan, bukan pada mewahnya acara. Karena itu, kalau memang anggaran pesta pernikahan kamu memang tidak sebesar itu, cobalah untuk lebih selektif agar biaya pernikahan bisa ditekan.


Menekan biaya pernikahan bukan berarti membuat pesta kamu menjadi apa adanya lho, tapi mengarahkan kamu dan pasangan untuk lebih fokus pada hal-hal yang besar. Biaya venue, katering, hingga dekorasi, adalah yang mengambil porsi paling besar dan harus diperhatikan agar tetap sesuai anggaran.


Namun perhatikan juga hal-hal kecil yang terlihat sepele, karena yang sepele ini bisa membuat biaya membengkak jika tidak diperhitungkan dengan tepat. Apa saja contohnya?



Jumlah Undangan

Jumlah tamu memiliki peran besar dalam menentukan biaya pernikahan. Jika jumlah tamu bertambah, tentu akan ada penambahan anggaran katering. Ingat, rata-rata tamu tidak datang sendiri, biasanya berdua, bertiga, bahkan tak jarang satu keluarga.


Oleh karena itu, tidak ada salahnya memangkas 10 - 20 persen dari target tamu. Selain bisa menekan bujet katering, jumlah undangan yang tidak terlalu banyak juga memberi kesan lebih khidmat.



Vendor

Umumnya venue pernikahan sudah memiliki vendor partner, baik itu untuk busana pengantin, katering, makeup, hingga dekorasi. Mereka akan membuatnya menjadi satu paket. Namun, jika menggunakan vendor di luar mitra, kamu mungkin dikenakan biaya tambahan dan bahkan bisa mencapai 30 persen per vendor. Angka yang besar, bukan?



Wedding Organizer

Buat kamu yang menggelar pernikahan dalam skala besar, kehadiran wedding organizer mutlak dibutuhkan. Tapi kalau kamu berencana menggelar pernikahan berskala kecil atau intimate, mungkin kamu bisa meminta bantuan keluarga dan teman dekat untuk membentuk kepanitiaan seperti wedding organizer. 


Adakan pertemuan rutin sejak tiga bulan sebelum hari-H untuk mengatur segala kebutuhan pengantin dan kelangsungan acara. Pastikan mereka mampu berkomitmen dan tidak mengundurkan diri hingga acara selesai.



Seragam bridesmaid 

Pernikahan adalah hari yang sangat bersejarah, wajar bila kamu ingin mengajak para sahabat sebagai bridesmaid atau pengiring pengantin. Untuk membuat mereka terlihat berbeda, pengantin biasanya menyediakan seragam untuk para bridesmaid maupun groomsmen. Tapi jangan terlalu banyak ya, lima orang sudah sangat cukup supaya tidak menambah biaya. Karena kain yang harus kamu beli juga jadi banyak. Selain itu, mereka juga harus mengeluarkan dana untuk menjahit kain tersebut. Untuk lebih praktis, berikan saja dress code berupa warna yang akan dikenakan, pakaiannya bisa apa saja asalkan warnanya senada. 


Share: