Apa Perbedaan Antara Seserahan, Hantaran dan Mahar?

14 days ago
Share:
Apa Perbedaan Antara Seserahan, Hantaran dan Mahar?

Buat kamu yang sudah memutuskan akan menikah, sabar ya, ada beberapa hal yang kamu dan pasangan harus paham nih. Salah satunya adalah perbedaan antara seserahan, hantaran , dan mahar. Jangan sampai tertukar lho ya.


Seserahan, hantaran dan mahar menjadi rangkaian dalam prosesi pernikahan, khususnya pernikahan tradisional, yang tak bisa dilewatkan. Para calon pengantin mungkin sulit memahami perbedaan diantara ketiganya karena memang cenderung mirip. 


Sebelum memahami perbedaannya, ada baiknya pahami dulu pengertian dari seserahan, hantaran dan mahar itu sendiri.



1. Seserahan

Seserahan merupakan simbol tanggung jawab dari pihak pria kepada pihak wanita sebagai calon istrinya. Simbol bahwa kelak ia akan bertanggungjawab terhadap kehidupan calon pengantin wanita dan keluarga, setelah mereka menikah. Seserahan juga dapat diartikan dengan peningset atau tanda pengikat hati antara kedua belah pihak keluarga. Isi dari seserahan biasanya berupa beragam kebutuhan wanita mulai dari kosmetik, peralatan mandi, pakaian, sepatu dan lain sebagainya.


 

2. Hantaran

Sedangkan hantaran dapat diartikan sebagai buah tangan untuk ‘pengetuk pintu’ bagi kedua belah pihak keluarga. Berbeda dengan seserahan yang hanya diberikan oleh pihak pria kepada pihak wanita, hantaran diberikan oleh pihak keluarga pria kepada pihak keluarga wanita, sebaliknya oleh pihak keluarga wanita kepada pihak keluarga pria. Sifat dari hantaran adalah saling menerima dan saling memberi, tukar menukar untuk mempererat hubungan. Isi dari hantaran dapat berupa aneka jenis makanan, buah, beras dan lain sebagainya. 



3. Mahar

Berbeda lagi dengan mahar yang dapat diartikan sebagai hak murni calon pengantin wanita sebagai syarat sah-nya pernikahan. Dalam agama Islam, mahar termasuk menjadi syarat sah dari sebuah prosesi pernikahan yang diberikan oleh pengantin pria kepada pengantin wanita saat akad nikah. Pengantin wanita dapat meminta beragam jenis mahar kepada pihak pria, seperti uang, emas atau hal lain, sesuai kesepakatan kedua belah pihak serta tidak memberatkan pihak pria.

 

Sudah paham kan perbedaan dari ketiganya? Hal lain yang harus dipahami juga adalah, seserahan biasanya diberikan saat prosesi lamaran atau saat hari pernikahan. Hantaran juga biasa diberikan saat prosesi lamaran atau bahkan sebelumnya, saat perkenalan antar keluarga. Sementara mahar diberikan saat hari pernikahan. 



Photo: @seserahan_id

Share: